Search

Saturday, January 12, 2013

Doa Imam Ali as untuk Hasan dan Husein as

Almarhum Ayatullah Mojtaba Tehrani dalam sebuah ceramahnya tentang doa menyinggung tentang doa Imam Ali as untuk Hasan dan Husein as.Imam Ali as untuk Hasan as berdoa:

اسْتَوْدِعِ اللَّهَ دِینَکَ وَ دُنْیَاکَ  وَ اسْأَلْهُ خَیْرَ الْقَضَاءِ لَکَ فِی الْعَاجِلَةِ وَ الْآجِلَةِ وَ الدُّنْیَا وَ الْآخِرَة (1)
 
Aku menyerahkan agama dan duniamu kepada Allah Swt. Aku memohon Qadha Ilahi yang terbaik untumu buat sekarang dan akan datang serta untuk dunia dan akhirat.

Dan doa untuk Imam Husein as:

وَ اعْلَمْ أَیْ بُنَیَّ أَنَّهُ مَنْ لَانَتْ کَلِمَتُهُ وَجَبَتْ مَحَبَّتُهُ وَفَّقَکَ اللَّهُ لِرُشْدِهِ وَ جَعَلَکَ مِنْ أَهْلِ طَاعَتِهِ بِقُدْرَتِهِ إِنَّهُ جَوَادٌ کَرِیم (2)

Ketahuilah anakku! Barangsiapa yang ucapannya lembut, maka ia akan mendapat teman. Semoga Allah menyukseskan engkau di jalan yang benar. Semoga Allah menjadikanmu orang-orang yang taat dengan kekuasaan-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pemurah dan Mulia."

Sekaitan dengan doa Imam Ali as kepada Imam Husein as tentang ucapan yang lembut, hal itu menunjukkan pengaruh ucapan lembut di hati orang yang mendengarnya.

Yang pertama doa khusus untuk Imam Hasan dan yang kedua doa khusus untuk Imam Husein as.

Kini tentang doa Imam Ali as kepada keduanya. Beliau berdoa:

اللهم احفظ حسنا و حسینا و لا تمکن فجرة قریش منهما ما دمت حیا فإذا توفیتنی فأنت الرقیب علیهم و أنت على کل شی‏ء شهید (3)

Ya Allah! Lindungi Hasan dan Husein. Selagi saya hidup, jangan biarkan orang-orang jahat Quraisy menguasai keduanya. Ketika aku meninggal, maka Engkau yang menjaga keduanya. Karena Engkau menjadi saksi atas segala sesuatu.

Dalam doanya Imam Ali as memberi syarat "selagi saya hidup", jangan biarkan orang-orang jahat Quraisy menguasai keduanya. Ini seakan-akan menunjukkan bahwa Imam Ali as telah mengetahi apa yang akan dilakukan orang-orang jahat sepeninggalnya terhadap kedua anaknya. Itulah mengapa ketika di hari-hari mendekati ajal dan berada di tempat tidur beliau mengabarkan apa yang akan dilakukan oleh orang-orang jahat ini. Beliau bahkan berbicara langsung kepada Imam Husein as tentang masalah Asyura.

Saya ingin mengatakan bahwa ungkapan dalam doa ini yang menyebutkan "selagi saya masih hidup", artinya, Ya Allah, ketika saya masih hidup jangan munculkan peristiwa itu. Jangan biarkan saya menyaksikan tragedi itu. Dengan alasan itu beliau memberitahukan Imam Husein as apa yang terjadi padanya di hari Asyura. Imam Ali as mengetahui apa yang akan terjadi terhadap anak-anaknya. Bahkan mengetahui apa yang akan dilakukan terhadap keturunan dari anak-anaknya...

No comments:

Post a Comment