Search

Saturday, March 23, 2013

Bersedekah Ketika Shalat


Imam Ali as ketika melakukan shalat maka seluruh inderanya terfokus kepada Allah Swt, sehingga seakan-akan beliau tidak lagi berada di dunia ini. Sebelum mengisahkan sedekah Imam Ali as saat menunaikan shalat, akan lebih sempurna dengan mengutip kisah lain yang masih berkenaan dengan shalat beliau.

Disebutkan bahwa ada sebuah panah yang mengenai kaki Imam Ali as dan sangat sulit untuk mengeluarkannya. Orang-orang begitu khawatir ketika mereka berusaha mengeluarkannya, beliau tidak mampu menahan rasa sakit. Akhirnya seseorang dari mereka mengatakan, "Kita mengeluarkan panah dari kaki beliau saat beliau berdiri melakukan shalat. Karena ketika melakukan shalat, seluruh inderanya hanya fokus kepada Allah Swt dan beliau tidak merasakan sakit."

Mereka melakukan hal ini dan mengerti bahwa apa yang dikatakan oleh orang itu benar adanya. Anak panah itu dikeluarkan dari kaki Imam Ali as dan beliau tidak menyadarinya.

Tapi yang lebih menarik lagi, suatu hari Imam Ali as tengah shalat di masjid. Tibat-tiba ada seorang miskin yang datang ke masjid dan meminta bantuan kepada orang-orang yang berada di sana. Ketika itu Imam Ali as sedang ruku. Mendengar suara orang itu, pada waktu itu juga beliau menjulurkan tangannya dengan memberi isyarat cincin yang ada di salah satu jarinya. Orang itu heran dengan gerakan Imam Ali as, tapi dengan segera mengambil cincin itu dan mendoakan beliau.

Mungkin ada yang bertanya, bukankan ketika Imam Ali as melakukan shalat, beliau telah keluar dari kondisi biasa. Lalu bagaimana beliau mengerti ada orang miskin di sekitarnya dan mendengar permintaannya? Sebagai reaksinya, Imam Ali as memberikan cincinnya.

Dalam menjawab pertanyaan ini dapat dikatakan bahwa melakukan perbuatan baik dan membantu orang miskin itu sendiri juga ibadah. Karena perbuatan baik Imam Ali as demi keridhaan Allah Swt, maka dalam kondisi beribadah, beliau juga melakukan ibadah yang lain. Allah Swt menerima perbuatan baik beliau, sehingga menurunkan ayat, "Sesungguhnya penolong kamu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang beriman yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat dalam keadaan ruku." (QS. al-Maidah: 55)

No comments:

Post a Comment