Search

Thursday, March 7, 2013

Pahala Menamam Pohon

Kesempurnaan Islam menjadi daya tarik tersendiri. Dengan kata lain, segala sesuatu yang bernilai pasti mendapat perhatian dari agama langit iniPohon menjadi simbol kesejahteraan, parameter kesuburan dan manifestasi kehidupan. Pohon menyebabkan udara menjadi segar dan manusia bisa lebih dekat dengan alam. Itulah mengapa pohon merupakan satu dari anugerah dan nikmat Allah Swt di akhirat, dimana pohon menjadi ciri khas surga seperti yang telah disebutkan dalam banyak ayat dan riwayat.

Sekaitan dengan menanam pohon, Rasulullah Saw mewasiatkan, "Bila tiba Hari Kiamat dan di tanganmu ada sebuah tunas pohon, maka sebisa mungkin jangan berdiri terlebih dahulu sehingga tunas itu ditanamnya."(1)
Ketika beliau ditanya tentang pahala menanam pohon, Nabi Saw bersabda, "Tidak seorang muslim yang menebar bibit atau menanam tunas dan hasil dari bibit dan tunas itu dapat dimanfaatkan oleh burung, manusia dan hewan memamah biak, kecuali perbuatannya itu terhitung sedekah."(2)bi

Di tempat lain Rasulullah Saw bersabda, "Tidak ada orang yang menanam pohon, kecuali Allah Swt menuliskan pahala untuknya seukuran buah dari pohon itu."(3)

Nabi Muhammad Saw bersabda, "Barangsiapa yang menanam pohon dan sabar menjaga dan merawatnya, sehingga memunculkan buah, maka setiap kali buah yang dimakan akan dihitung oleh Allah Swt sebagai sedekah untuknya."(4)

Catatan:
1. Kanz al-Ummal, 9056, Muntakhab Mizan al-Hikmah, 290.
2. Kanz al-Ummal, 9051, Muntakhab Mizan al-Hikmah, 290.
3. Kanz al-Ummal, 9075, Muntakhab Mizan al-Hikmah, 290.
4. Kanz al-Ummal, 9081, Muntakhab Mizan al-Hikmah, 290.

Sumber: ISNA

No comments:

Post a Comment