Search

Thursday, December 6, 2012

Di Hari Asyura, Tanah Liat di Tangan Allamah Thabathabai Mengeluarkan Darah


Hujjatul Islam Agha Tehrani pada malam kesepuluh bulan Muharam (24/11) menukil dari Ayatullah Payani: "Pagi hari Asyura saya menemui Allamah Thabathabai di pekuburan Qom Nov (Abu Hossein). Saat itu beliau sedang membaca Ziarah Asyura. Setelah selesai, beliau berkata kepada saya, ‘Sheikh Ahmad! Hari ini adalah hari dimana bumi dan langit menangis darah.' Beliau kemudian mengambil sebuah tanah liat kering dan meremasnya. Saya melihat darah keluar dari tanah liat itu."
Menurut Rasa News (24/11),

Hujjatul Islam Agha Tehrani menukil dari Sheikh Hadi Marvi yang mendengar langsung dari Ayatullah Ahmad Payani yang menceritakan kisah dari Allamah Thabathabai di hari Asyura.
Ayatullah Ahmad Payani mengatakan:

 "Pagi hari Asyura hatiku merasa sumpek. Akhirnya aku berkata kepada diriku, lebih baik saya pergi ke kuburan Hazrat Maksumah as untuk bertawasul dan menangis agar hatiku lega. Saya kemudian berjalan menuju makam suci Hazrat Maksumah as, tapi saya merasa ada yang mengganjal dalam hatiku.
Saya akhirnya berbelok menuju pekuburan Abu Hossein, yang dikenal dengan nama pekuburan Qom Nov. Di sana Almarhum Rasoul Turk dan Karbalai Kazem dikuburkan di sana. Waktu itu belum semua dipenuhi kuburan.

Saya melihat di sudut kuburan ada seorang tua yang sedang berdiri. Ia sepertinya sibuk dengan pekerjaannya. Saya menjadi tertarik dengan apa yang sedang dilakukannya. Akhirnya saya berjalan ke arahnya. Tiba di dekatnya, saya baru sadar kalau itu adalah Allamah Thabathabai. Kepalanya tidak tertutup apa-apa, begitu juga beliau tidak memakai alas kaki dan tengah membaca Ziarah Asyura.
Saya berusaha agar kehadiranku tidak mengganggu beliau. Saya berdiri di belakang beliau dan ikut bacaannya. Beliau mengakhiri Ziarah Asyura dengan seratus laknat dan salam. Setelah itu beliau melaksanakan shalat.

Melihat beliau selesai menunaikan shalatnya, saya melangkah maju dan mengucapkan salam kepada beliau.
Allamah bertanya, ‘Sheikh Ahmad! Kamu tahu hari apa ini?'
Saya menjawab, ‘Hari Asyura.'
Beliau kembali bertanya, ‘Hari ini ada berita apa?'
Saya menjawab, ‘Saya tidak tahu.'
Beliau kemudian berkata, ‘Hari ini adalah hari dimana bumi dan langit menangis darah. Apakah engkau ingin melihatnya?'

Beliau berkata, ‘Begini cara mereka menangis.'
Allamah Thabathabai kemudian mengambil sebuah tanah liat kering dan menekannya dengan kuat dalam kepalannya. Tiba-tiba saya melihat darah keluar dari tengah tanah liat itu dan mengalir di antara jari-jari Allamah.

No comments:

Post a Comment