Search

Thursday, December 6, 2012

Kelak Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Internasional!


Bangga dengan Indonesia

Sampai sekarang ada 45 negara yang membuka Program Studi Bahasa Indonesia untuk diajarkan di sekolah di negara masing-masing. Hal itu disampaikan Guru Besar Bahasa Indonesia FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS), Prof Dr Handayani, Senin (3/12/2012).

Menurutnya, di Australia saja sudah ada 500 sekolah yang membuka Program Studi Bahasa Indonesia. "Bukan tidak mungkin kelak kemudian hari bahasa Indonesia juga akan menjadi bahasa internasional," kata Handayani.

Ia menambahkan, hampir semua perguruan tinggi di negara ASEAN sekarang ini sudah membuka program studi Bahasa Indonesia. "Baru-baru ini satu perguruan tinggi di Philipina juga telah membuka Program Studi Bahasa Indonesia dan begitu juga di Inggris," imbuhnya.

Sekarang ini, bahasa bukan hanya sekedar ilmu pengetahuan, tetapi bahasa sebagai alat komunikasi. Maka menurutnya, ketika bahasa semakin banyak dipelajari orang di dunia, itu artinya bangsa yang memiliki bahasa itu akan sejajar dengan bangsa lain.

Tapi Ia menyayangkan, jika bahasa Indonesia di dalam negeri sendiri justru kurang diapresiasi, meski di luar negeri kenyataannya cukup berbeda. Sebagai contoh, banyak sekali bahasa asing dipakai untuk berbagai keperluan atau benda yang sebetulnya ada padanannya dalam bahasa Indonesia.

Nama-nama pusat perbelanjaan, perumahan, gelaran jabatan dalam perusahaan, dan lain-lain tidak menggunakan bahasa Indonesia, tapi justru terlanjur menggunakan bahasa Inggris. Hal ini sangat berbeda dengan Jepang, negri sakura itu kukuh dalam pemakaian bahasa, aksara, dan budayanya sendiri, tanpa takut menjadi terkucil di mata internasional.

Ia menilai, pemerintah pusatlah yang justru banyak memberi contoh ketidakberpihakan pada bahasa Indonesia secara lebih serius. Misal, nama resmi program MP3I (Master Plan Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia) sebetulnya bisa diindonesiakan menjadi Rencana Induk Percepatan dan Perluasan Ekonomi Indonesia

No comments:

Post a Comment