Search

Wednesday, December 26, 2012

Kamu Mendengarnya dari Siapa?


Imam Ali as bersama sejumlah sahabat tengah bersama Nabi Muhammad Saw. Pada waktu itu beliau bertanya, "Siapa di antara kalian yang dapat mengatakan tentang sesuatu yang paling baik untuk perempuan?"

Setiap orang yang hadir memberikan jawabannya. Ada yang mengatakan "mengurus rumah". Yang lain berpendapat "berlaku baik kepada suami". Seorang lagi mengatakan "mengurus anak". Dan begitulah seterusnya.

Nabi Saw mendengar jawaban dari para sahabatnya dan berkata, "Semua yang kalian katakan ini merupakan sifat seorang perempuan yang baik. Tapi tidak satupun dari kalian yang mengatakan tentang sifat paling baik bagi perempuan."

Setelah itu, para sahabat memohon izin untuk melaksanakan pekerjaannya. Imam Ali as kembali ke rumah. Beliau menceritakan peristiwa hari itu kepada Sayidah Fathimah az-Zahra as dan berkata, "Kami semua tidak ada yang mampu menjawab pertanyaan Nabi Saw ini. Saya sendiri berpikir keras untuk mendapatkan jawabannya, tapi tidak menemukannya."

Ketika itu Sayidah Fathimah az-Zahra berkata, "Sesuatu yang paling baik perempuan adalah matanya tidak menatap pria yang bukan muhrimnya dan dirinya sendiri tidak berada di tempat yang dilihat pria yang bukan muhrim."

Imam Ali as segera kembali ke tempat Rasulullah Saw dan berkata, "Jawaban atas pertanyaan sebelumnya adalah ini." Beliau kemudian mengulangi apa yang disampaikan oleh Sayidah Fathimah az-Zahra as.

Nabi Muhammad Saw bertanya,"Beberapa waktu lalu engkau berada di sini dan tidak dapat menjawab pertanyaanku. Sekarang, katakan padaku dari mana engkau mendengar jawaban ini!"

Imam Ali as berkata, "Wahai Rasulullah! Jawaban ini saya dapatkan dari putrimu."

Nabi Saw gembira dan bersabda, "Sesungguhnya Fathimah adalah belahan jiwaku dan ini bukan satu hal yang mengejutkan."

No comments:

Post a Comment